Jumat, 20 Januari 2012

Ekstrakurikuler TARI

SMA Negeri  1 Pacitan memiliki banyak ekstra diataranya ekstra tari tradisional. Ekstra tari ini cukup diminati. Pada tahun ini lebih dari 20 siswa yang mengikuti ekstra tari. Ekstra tari di SMA Negeri  1 Pacitan pernah vakum dalam beberapa tahun yang lalu dan mulai aktif lagi di tahun ajaran 2010 / 2011. Pembina ekstra tari di SMA Negeri 1 Pacitan adalah Ibu Rita. Dengan telaten beliau mengajarkan tari kepada para siswanya yang dominan adalah wanita.  Ekstra tari di SMA Negeri  1 Pacitan diadakan setiap hari Selasa pukul 15.00 WIB.
            Ekstra tari sering diminta untuk mengisi acara di Pacitan. Salah satunya di minta mengisi acara di Pendopo Kabupaten Pacitan. Bahkan Bapak Prayitno yang sekarang menjabat sebagai  Wakil Bupati Pacitan, meminta SMA Negeri  1 Pacitan memiliki kader Penari Gambyong setiap tahunnya.
            Ekstra tari tradisional ini memiliki manfaat yang baik. Di era globalisasi ini banyak penerus bangsa yang melupakan budaya tradisional Indonesia. Dengan adanya ekstra tari tradisional ini dapat membangkitkan minat siswa dalam melestraikan budaya tradisional Indonesia.
            Selain itu ekstra tari juga pernah mengikuti sebagai pengisi acara dalam Lomba Karawitan Nasional  di Jakarta dalam rangka Pekan Seni dan Budaya yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara. Ekstra tari SMA Negeri 1 Pacitan telah dua kali mengisi acara di Jakarta dalam acara yang sama.  
            Di SMA Negeri 1 Pacitan, ekstra tari banyak bekerja sama dengan ekstra karawitan. Dengan kerajasama itu, dapat mempermudah dalam membangkitkan minat siswa dalam melestarikan budaya tradisional Indonesia.



By: Taramita Purbandari


0 komentar:

Posting Komentar